Rabu, 22 April 2020

Menu Sarapan Unik dari Sisa Nasi

Hai, selamat pagiii...

Pagi hari selalu merupakan awal yang menyenangkan untuk memulai aktivitas. Agar benar-benar menyenangkan dan mendukung mood kita untuk melanjutkan sisa hari, kita harus memulai pagi dengan membuat sarapan yang tepat!

Coba lihat nasi di pemanas Anda. Masih ada, tapi tidak cukup banyak? Mau bikin nasi goreng tapi bosan kok nasi goreng terus? Nah, mungkin Anda dapat mencoba menu "Bola-Bola Nasi". Yang menyenangkan dari menu ini adalah cara bikinnya gampang banget. Isiannya pun menyesuaikan dengan bahan di kulkas kita saja.

Pagi ini saya menemukan keju dan corned di kulkas, jadi isiannya akan memakai dua bahan itu. Ingat ya, isian ini bisa diganti dengan apa saja yang ada di kulkas Anda. Ada tempe, boleh. Ada dada ayam, bisa. Sayuran doang, nggak papa.

Nah, cara saya membuat Bola-Bola Nasi adalah sebagai berikut:

Pertama siapkan bahan, yaitu:
- Nasi (sekitar dua piring)
- Setengah kaleng corned
- 50 gram keju, parut.
- Bawang merah dan bawang putih secukupnya, iris tipis
- Sedikit garam
- Telur satu butit, kocok lepas
- Tepung panir
- Minyak untuk menggoreng
- Plastik bening bersih

Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, lalu masukkan corned, aduk. Masukkan nasi, aduk hingga rata. Masukkan keju parut, aduk lagi. Koreksi rasa. Jika suka asin, tambahkan garam. Matikan api. Dengan menggunakan bantuan plastik, bentuk dua sendok nasi menjadi bulat lonjong, gulingkan di telur kocok, lalu gulingkan lagi di tepung panir sampai rata terlumuri tepung panir. Atur dalam wadah.

Gambar 1

Nah, bentuknya setelah dilumuri tepung panir, seperti pada Gambar 1. Simpan dulu di kulkas, minimal sejam agar kokoh. Setelah disimpan selama satu jam, keluarkan dan goreng dalam minyak panas. Angkat setelah kecokelatan dan tiriskan. Penyajiannya bisa dimakan dengan dicocol saus tomat dan saus sambal. Bentuknya yang sudah siap santap, seperti pada Gambar 2,

Gambar 2.

Gampang kan, saudara-saudara? Jadi menu sarapan dari nasi sisa kemaren tidak hanya jadi nasi goreng terus ya. Dibikin begini, misal mau disimpan agak lama di kulkas dan digoreng sorenya untuk camilan sore juga masih enak, kok.

Yuk, selamat berkreasi.

4 komentar:

  1. aakus udah pernah nyoba, enak

    BalasHapus
  2. Ya ampuun, dari sisa nasi? Aku kan gapernah punya nasiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah dari nasi nggak sisa juga nggak papa kok. nasi baru mateng atau nasi beli di warung, hehehe

      Hapus

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES